Program

Pembinaan dan Dakwah

Perhatian Yayasan Niru Nabi kepada kelompok marginal tercurahkan dalam bentuk pembinaan spiritual keagamaan yang berkelanjutan. Sasaran program ini ialah diri sendiri, lingkungan masyarakat, khususnya kaum marginal. Kami mengambil spesifikasi pelaksanaa program dakwah dan pembinaan pada Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan, Kampung Pemulung, Kawasan Penggusuran dan Pengungsian serta kelompok marginal lainnya. Setiap titik program dinamakan sebagai Madrasah, dan setiap penerima manfaat di sebut sebagai santri.

Merupakan kerjasama anatara pihak lapas atau rutan dengan Yayasan Niru Nai dalam melakukan pembinaan dan bimbingan rohani, melalui program tahfidz Al Qur’an. Dilaksanakan setiap pekan, rata-rata dua hari difasilitasi dan sisanya santri akan melakuka pembiasaan itu setiap hari secara mandiri.

Program ini diperuntukkan bagi anak-anak yang tinggal di tengah komunitas marginal. Program ini berupa pendidikan informal, dengan kurikulum Tahfidz Qur’an dan pendalaman Adab.

Kegiatan Majlis Ta’lim ini merupakan program pengajian untuk komunitas marginal, seperti mantan preman, kelompok ibu di kampung penggusuran, dan kelompok marginal lainnya.

Program ini adalah sarana pembinaan bagi para Da’i yang telah terjun di masyarakat. program ini menjadi sarana upgrading bagi para Da’i.

Merupakan program syiar atas ilmu dan wawasan keislaman, yang bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. program ini berupa kajian dan taklim secara fisik ataupun virtual.

Program ini merupakan sarana bagi para penghafal Qur’an untuk saling menyimak bacaan, memperbaiki dan menguatkan hafalan. Saat ini terwadahi dengan hadirnya Komunitas Kholilul Qur’an.

Program

Pemberdayaan Masyarakat

Menjadi Lembaga Sosial Keagamaan , Yayasan Niru Nabi peduli terhadap kehidupan narapidana dan masyarakat marginal melakui program pemberdayaan ekonomi. Yayasan Niru Nabi peduli nasib para mantan warga binaan (Napi) yang sudah hijrah, membersamai sebelum bebas dari masa tahanan dan menyiapkan para mantan warga binaan ini berdaya secara ekonomi sehingga kehidupan jauh lebih baik dengan pendampingan yang komperhensif bersama Yayasan Niru Nabi.

Selain itu Yayasan Niru Nabi juga mendampingi masyarakat miskin perkotaan, wilayah pesisir, daerah termarjinalkan dan para Mustahiq lainnya melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih berdaya secara ekonomi, dari yang sebelumnya mustahiq menjadi muzaqi.

Program

ZISWAF

Untuk mengoptimalkan dana yang berasal dari dana ziswaf, Yayasan Niru Nabi memiliki program pendayagunaan yang dimasukkan kedalam 8 kelompok Asnaf yaitu Fakir, miskin, Amil Zakat, Muallaf, Riqab, Gharimin, Fii Sabilillah, dan Ibnu Sabil.